Permainan Monopoli




Tujuan permainan
a.    Melalui permainan ini diharapkan anak didik (pemain) dapat lebih mudah memahami Barisan dan Deret,baik aritmatika maupun geometri.
b.    Dapat meningkatkan daya ingat.
c.    Melatih anak didik agar dapat mengoperasikan bilangan dengan cepat.
d.   Melatih konsentrasi dan ketelitian dalam berfikir.
e.    Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Peralatan yang digunakan
a.    Papan permainan
b.    1 buah dadu
c.    Pion untuk masing-masing pemain
d.   Kartu peluang
e.    Kartu kesempatan
f.     Lembaran nobel 

Ketentuan Permainan
a.    Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 hingga 4 orang pemain.
b.    Permainan ini berdurasi 30 menit atau menurut kesepakatan pemain.
c.    Pemain yang berada di kotak kesempatan atau Peluang harus mengambil kartu tersebut dan melaksanakan perintah kartu tersebut.
d.   Pemain yang telah mengelilingi kotak permainan dan kembali lagi ke start berhak mendapatkan satu kartu Nobel.
e.    Pemenang ditentukan oleh banyaknya nobel yang berhasil dikumpulkan pemain.

Cara Bermain
a.    Permainan dimulai dengan meletakkan masing-masing pion pada kotak start.
b.    Tiap pemain secara bergiliran mengocok dadu. Angka yang dihasilkan akan menentukan posisi pion pemain.Ingatlah angka tersebut sebagai suku pertama pola bilangan.
c.    Pada giliran kedua, gerakkan pion sejauh angka pada dadu. Ingatlah angka tersebut sebagai suku kedua.
d.   Beda atau rasio antara suku pertama dan suku kedua sebagai tolak ukur untuk mendapatkan suku ketiga.
e.    Pada giliran ketiga, bilangan yang dihasilkan dadu harus membentuk barisan aritmatika atau geometri. Jika tidak maka pemain harus mengoperasikan bilangan tersebut dengan bilangan lain, hingga terbentuk  suatu barisan yang benar. Maka pion digerakkan sejauh bilangan yang telah dioperasikan.
f.     Langkah selanjutnya,  bilangan pada giliran keempat dianggap sebagai suku pertama, begitulah selanjutnya.


Komentar