Salah satu hal yang dipelajari dalam pelajaran matematika
adalah bilangan bulat.Tujuan dari permainan maju mundur ini adalah agar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika khususnya pada
garis bilangan.Selain itu,Fungsi atau kegunaan dari pemainan ini adalah melatih
konsep aritmatika yaitu penjumlahan dan pengurangan bagi siswa SD. Siswa sudah
mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan sejak mereka berada di kelas 1 di
sekolah dasar. Mereka belajar untuk penjumlahan dan pengurangan angka 1 hingga
100. Selanjutnya mereka belajar operasi bilangan campuran .Sebagai contoh,
Berapa solusi (-9) + 10 = 1. Sebagian besar siswa tidak dapat menjawab
pertanyaan ini secara langsung karena masalah ini dalam betuk yang abstrak.
Guru harus mengubahnya menjadi konteks nyata yang mudah bagi siswa untuk
mengerti.
Pada
makalah ini,penulis memperkenalkan permainan maju mundur,harapannya agar siswa
lebih cepat paham dan mengerti jika
permainan ini diimplementasikan untuk siswa yang duduk dibangku sekolah
dasar.
Alat yang digunakan:

2. Angka 1 sampai 10 dalam dua warna,
biru dan merah.
3. Gelas plastik untuk wadah kocokan
ATURAN PERMAINAN:
- Permainan terdiri dari 2 - 5 orang.
- Permainan ini terdiri dari angka 1 - 10 biru dan merah
- Untuk memulai permainan, setiap pemain akan mendapat angka dari hasil kocokan. Pemain yang mendapat angka terbesar maka berhak menjadi yang pertama.
- Biru menunjukkan bilangan positif yang berarti maju dan merah menunjukkan bilangan negatif yang berarti mundur.Pemain yang lebih dahulu sampai di GOLD berhak mendapatkan 10 biru dan dapat digunakan kapan saja jika dibutuhkan oleh pemain tersebut untu dapat maju. Contoh: Jika pemain mendapat 9 merah maka dapat ditukar dengan 10 biru sehingga menjadi (-9) + 10 = 1. Pemain tersebut dapat maju 1 langkah.
- Pemain yang lebih dahulu sampai di POOR maka akan mendapatkan 6 merah yang berarti pemain tersebut mempunyai hutang mundur 6 langkah dan boleh ditukar kapan saja (Dapat langsung mundur saat itu juga atau diakumulasi saat mendapatkan angka biru. Contoh: Jika pemain mendapatkan 5 biru maka hanya mundur 1 langkah karena (-6) + 5 = (-1) atau mendapatkan 8 biru jadi (-6) + 8 = 2 berarti maju 2 langkah
- DOUBLE artinya angka yang didapat harus dikalikan dua
- TRIPLE artinya angka yang didapat harus dikalikan tigaPemain yang mundur melewati batas START maka mempunyai hutang mundur. Contoh: Jika pemain ada di angka 3 kemudian mendapatkan angka 3 merah maka ia keluar dari start dan mempunyai hutang mundur. Begitu seterusnya sampai berhasil mendapatkan bilangan positif setelah diakumulasikan untuk dapat maju.
- Pemain yang lebih dulu sampai ke finish menjadi pemenang
Komentar
Posting Komentar